Mengenal Entity Set

Mengenal Entity Set




Halloo semua. Kembali lagi di blog saya. Kali ini saya akan menjelaskan sedikit penjelasan tentang Entity Set. Ini adalah lanjutan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul Mapping Cardinality.


Entity Set terbagi menjadi dua, yaitu : 
1. Strong Entity Set, yaitu entity set yang satu atau lebih aributnya digunakan oleh entity set lain sebagai key. Digambarkan dengan empat persegi panjang. 
Contoh : E adalah sebuah entity set dengan atribute-atribute a1, a2,..,an, maka entity set tersebut direpresentasikan dalam bentuk tabel E yang terdiri dari n kolom, dimana setiap kolom berkaitan dengan atribut - atributnya. 

2. Weak Entity Set , yaitu entity set yang dependent terhadap strong entity set. Digambarkan dengan empat persegi panjang bertumpuk. 

Contoh : A adalah weak entity set dari atribute-atribute a1, a2, .., ar dan B adalah strong entity set dengan atribute-atribute b1, b2,..,bs, dimana b1 adalah atribute primary key, maka weak entity set direpresentasikan berupa table A, dengan atribute-atribute {b1} u {a1,a2,.., ar}.


  
Setelah kita sudah sedikit mengerti tentang Entity Set, saatnya saya menunjukkan beberapa contoh Strong dan Weak Entity Set yang sudah saya buat.

Contoh Strong dan Weak Entity Set : 
















 Sekian dari saya, mohon maaf bila masih ada kekurangan dalam blog ini, kirimkan kritik dan saran anda pada kolom komentar. Terima Kasih :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transformasih Entity Relationship Diagram (ERD) ke Logical Record Structure (LRS)

Menu-Menu pada phpMyAdmin